Selasa, 27 Januari 2015

Pengertian Storyboard

28 Januari 2015

Storyboard adalah organizer grafis dalam bentuk ilustrasi atau gambar yang ditampilkan secara berurutan untuk tujuan pra-memvisualisasikan sebuah film, animasi, gerak grafis atau urutan media interaktif. Proses storyboard, dalam bentuk yang dikenal saat ini, dikembangkan di Walt Disney Productions pada awal 1930-an, setelah beberapa tahun proses serupa yang digunakan di Walt Disney dan studio animasi lainnya.

Origins [sunting]
Proses storyboard bisa sangat memakan waktu dan rumit. Banyak anggaran yang besar film bisu yang storyboarded tetapi sebagian besar bahan ini telah hilang selama pengurangan arsip studio selama tahun 1970-an. Bentuk yang dikenal luas saat ini dikembangkan di studio Walt Disney selama awal 1930-an. Dalam biografi ayahnya, Kisah Walt Disney (Henry Holt, 1956), Diane Disney Miller menjelaskan bahwa storyboard lengkap pertama diciptakan untuk 1933 Disney pendek Three Little Pigs. [1] Menurut John Canemaker, di Kertas Mimpi : The Art dan Artis Disney storyboards (1999, Hyperion Press), storyboard pertama di Disney berevolusi dari komik-buku seperti "cerita sketsa" diciptakan pada tahun 1920 untuk menggambarkan konsep untuk kartun animasi pelajaran singkat seperti Plane Crazy dan Steamboat Willie, dan dalam beberapa tahun ide menyebar ke studio lain.

Menurut Christopher Finch dalam The Art of Walt Disney (Abrams, 1974), Disney dikreditkan Webb Smith animator dengan menciptakan ide menggambar adegan pada lembar kertas terpisah dan menjepit mereka di papan buletin untuk menceritakan kisah secara berurutan, sehingga menciptakan storyboard pertama. Selanjutnya, itu adalah Disney yang pertama kali mengakui perlunya untuk studio untuk menjaga terpisah "cerita departemen" dengan artis storyboard khusus (yaitu, pekerjaan baru yang berbeda dari animator), karena ia menyadari bahwa penonton tidak akan menonton film kecuali ceritanya memberi mereka alasan untuk peduli tentang karakter. [2] [3] [4] studio kedua untuk beralih dari "sketsa cerita" untuk storyboard adalah Walter Lantz Productions pada awal 1935, [5] dengan 1936 Harman-Ising dan Leon Schlesinger Productions juga mengikuti. Tahun 1937 atau 1938, semua studio animasi Amerika menggunakan storyboard.

Gone with the Wind (1939) adalah salah satu film live action pertama yang benar-benar storyboarded. William Cameron Menzies, desainer produksi film, dipekerjakan oleh produser David O. Selznick untuk merancang setiap tembakan film.

Storyboard menjadi populer dalam produksi film live-action selama awal 1940-an, dan berkembang menjadi media standar untuk previsualization film. Pace Gallery kurator Annette Micheloson, penulisan pameran Menggambar ke Film: Direktur Gambar, dianggap tahun 1940-an untuk tahun 1990-an menjadi periode di mana "desain produksi sebagian besar ditandai dengan adopsi dari storyboard". Storyboard sekarang merupakan bagian penting dari proses kreatif.

Penggunaan [sunting]
Film [sunting]

Sebuah storyboard untuk delapan menit animasi kartun.
Sebuah storyboard film yang pada dasarnya adalah sebuah komik besar dari film atau beberapa bagian dari film yang diproduksi terlebih dahulu untuk membantu sutradara film, sineas dan iklan klien komersial televisi memvisualisasikan adegan dan menemukan masalah potensial sebelum terjadi. Selain storyboard ini juga membantu memperkirakan biaya produksi secara keseluruhan dan menghemat waktu. Seringkali storyboard termasuk panah atau petunjuk yang menunjukkan gerakan.

Dalam membuat film dengan tingkat kesetiaan untuk naskah, storyboard menyediakan tata letak visual peristiwa yang harus dilihat melalui lensa kamera. Dan dalam kasus media interaktif, itu adalah tata letak dan urutan di mana pengguna atau pemirsa melihat konten atau informasi. Dalam proses storyboard, sebagian besar rincian teknis yang terlibat dalam kerajinan film atau proyek media interaktif dapat digambarkan secara efisien baik dalam gambar, atau teks tambahan.

Teater [sunting]
Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa storyboard tidak digunakan dalam teater. Mereka adalah alat khusus yang sering direksi dan dramawan gunakan untuk memahami tata letak TKP. Besar Rusia praktisi teater Constantin Stanislavski dikembangkan storyboard dalam rencana produksi rinci nya untuk pertunjukan Moscow Art Theatre (seperti dari Chekhov The Seagull pada tahun 1898). Direktur Jerman dan dramawan Bertolt Brecht dikembangkan storyboard rinci sebagai bagian dari metode dramaturgi tentang "fabels."

Animatics [sunting]
Dalam animasi dan efek khusus bekerja, tahap storyboard mungkin akan diikuti oleh disederhanakan mock-up yang disebut "animatics" memberikan ide yang lebih baik tentang bagaimana adegan akan terlihat dan merasa dengan gerakan dan waktu. Pada sederhana, sebuah animatik merupakan rangkaian gambar diam diedit bersama-sama dan ditampilkan secara berurutan dengan dialog kasar dan / atau sound track kasar ditambahkan ke urutan gambar diam (biasanya diambil dari storyboard) untuk menguji apakah suara dan gambar yang bekerja secara efektif bersama-sama.

Hal ini memungkinkan para animator dan direksi untuk bekerja keluar setiap skenario, posisi kamera, ditembak daftar dan waktu masalah yang mungkin ada dengan storyboard saat ini. Storyboard dan soundtrack diubah jika perlu, dan animatik baru dapat dibuat dan dibahas dengan direktur sampai storyboard disempurnakan. Mengedit film pada tahap animatic dapat menghindari animasi dari layar yang akan diedit dari film. Beberapa menit waktu layar dalam animasi tradisional biasanya sama dengan bulan bekerja untuk tim animator tradisional untuk menarik manual dan cat semua frame tersebut, yang berarti bahwa semua yang kerja (dan gaji sudah dibayar) akan harus dihapuskan jika final adegan hanya tidak bekerja di final cut film. Dalam konteks animasi komputer, storyboard membantu meminimalkan pembangunan komponen adegan yang tidak perlu dan model, seperti membantu pembuat film live-action mengevaluasi apa bagian dari set tidak perlu dibangun karena mereka tidak akan pernah datang ke dalam bingkai. Animasi adalah proses yang mahal dan padat karya, sehingga harus ada minimal "adegan dihapus" jika film ini akan selesai dalam anggaran.

Seringkali storyboard animasi dengan membesarkan sederhana dan panci untuk mensimulasikan gerakan kamera (menggunakan software editing non-linear). Animasi ini dapat dikombinasikan dengan animatics tersedia, efek suara dan dialog untuk membuat presentasi tentang bagaimana sebuah film bisa menembak dan dipotong bersama-sama. Beberapa Film DVD fitur fitur khusus termasuk animatics produksi.

Animatics juga digunakan oleh biro iklan untuk membuat iklan uji murah. Sebuah variasi, yang "rip-o-matic", terbuat dari adegan film yang ada, program televisi atau iklan, untuk mensimulasikan tampilan dan nuansa dari iklan yang diusulkan. Rip, dalam pengertian ini, mengacu pada merobek-off sebuah karya asli untuk membuat yang baru.

Photomatic [sunting]
Sebuah photomatic (mungkin berasal dari 'animatik' atau foto-animasi) adalah serangkaian foto-foto diedit bersama-sama dan disajikan di layar secara berurutan. Biasanya, suara-over, soundtrack dan efek suara yang ditambahkan ke bagian untuk membuat presentasi untuk menunjukkan bagaimana sebuah film bisa menembak dan dipotong bersama-sama. Semakin digunakan oleh pengiklan dan biro iklan untuk penelitian efektivitas storyboard yang diusulkan mereka sebelum melakukan ke 'up penuh' iklan televisi.

Photomatic biasanya alat penelitian, mirip dengan animatic, dalam hal ini merupakan karya kepada khalayak tes sehingga komisaris dari pekerjaan dapat mengukur efektivitas.

Awalnya, foto diambil menggunakan film negatif warna. Sebuah seleksi akan dibuat dari lembaran kontak dan mencetak dibuat. Cetakan akan ditempatkan di mimbar dan direkam untuk merekam menggunakan kamera video standar. Setiap gerakan, panci atau membesarkan harus dibuat dalam kamera. Adegan yang ditangkap kemudian bisa diedit.

Fotografi digital, akses web untuk stok fotografi dan program editing non-linear memiliki dampak yang nyata pada cara ini pembuatan film juga mengarah ke istilah 'Digimatic'. Gambar dapat ditembak dan diedit dengan sangat cepat untuk memungkinkan keputusan kreatif penting untuk membuat 'hidup'. Animasi foto komposit dapat membangun adegan yang rumit yang biasanya berada di luar ujian banyak film anggaran.

Photomatic juga merupakan nama merek dagang dari banyak stand yang ditemukan di tempat-tempat umum yang mengambil foto-foto dengan operasi koin. The photomatic merek stand yang diproduksi oleh International Mutoscope Reel Perusahaan New York City. Versi sebelumnya hanya mengambil satu foto per koin, dan versi stand-stand mengambil serangkaian foto. Banyak stan akan menghasilkan strip empat foto dalam pertukaran untuk koin.

Buku komik [sunting]
Beberapa penulis telah menggunakan jenis gambar storyboard (meskipun agak samar) untuk scripting mereka buku komik, sering menunjukkan pementasan tokoh, latar belakang dan penempatan balon dengan instruksi untuk seniman yang diperlukan sering menulis sesuatu di margin dan dialog / keterangan ditunjukkan. John Stanley dan Carl Barks (ketika ia menulis cerita untuk Junior Woodchuck judul) diketahui telah menggunakan gaya ini scripting.

Dalam komik Jepang, kata "nemu" (ネ ー ム; dimodifikasi Hepburn rōmaji: neemu, diucapkan [ne̞e̞mu͍̥]) digunakan untuk storyboard manga.

Bisnis [sunting]
Storyboard digunakan hari ini oleh industri untuk perencanaan kampanye iklan seperti produksi perusahaan video, iklan, proposal atau presentasi bisnis lain yang dimaksudkan untuk meyakinkan atau memaksa untuk bertindak. Perusahaan konsultan mengajarkan teknik untuk staf mereka untuk menggunakan selama pengembangan presentasi klien, sering menggunakan "teknik kertas cokelat" dari rekaman slide presentasi (dalam versi berurutan sebagai perubahan yang dibuat) untuk sepotong besar kertas kraft yang dapat digulung untuk transportasi mudah. Storyboard awal mungkin sesederhana judul slide di Post-It catatan, yang kemudian diganti dengan slide presentasi rancangan sebagaimana mereka diciptakan.

Storyboard juga ada di akuntansi dalam Sistem ABC (Activity Based Costing System) untuk mengembangkan proses flowchart rinci yang secara visual menunjukkan semua kegiatan dan hubungan di antara kegiatan. Mereka digunakan dalam cara ini untuk mengukur biaya sumber daya yang dikonsumsi, mengidentifikasi dan menghilangkan biaya non-nilai tambah, menentukan efisiensi dan efektivitas dari semua kegiatan utama, dan identitas dan mengevaluasi kegiatan baru yang dapat meningkatkan kinerja di masa mendatang.

A "kualitas storyboard" adalah alat untuk membantu memfasilitasi pengenalan proses peningkatan kualitas menjadi sebuah organisasi.

"Desain komik" adalah jenis storyboard digunakan untuk menyertakan seorang pelanggan atau karakter lain ke dalam narasi. Desain komik yang paling sering digunakan dalam merancang situs web atau menggambarkan skenario penggunaan produk selama desain. Desain komik yang dipopulerkan oleh Kevin Cheng dan Jane Jao pada tahun 2006. [6]

Novel [sunting]
Storyboard sekarang menjadi lebih populer dengan novelis. Karena kebanyakan novelis menulis cerita mereka dengan adegan daripada bab, storyboard berguna untuk merencanakan cerita dalam urutan kejadian dan menata ulang adegan sesuai ..

Media interaktif [sunting]
Baru-baru ini storyboard istilah telah digunakan di bidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan desain instruksional untuk hadir dan menjelaskan, secara tertulis, acara interaktif serta audio dan gerakan, terutama pada user interface dan halaman elektronik.

Software [sunting]
Storyboard digunakan dalam pengembangan perangkat lunak sebagai bagian dari identifikasi spesifikasi untuk perangkat lunak tertentu. Selama fase spesifikasi, layar bahwa perangkat lunak akan menampilkan diambil, baik di atas kertas atau menggunakan perangkat lunak khusus lainnya, untuk menggambarkan langkah-langkah penting dari pengalaman pengguna. Storyboard ini kemudian dimodifikasi oleh para insinyur dan klien saat mereka memutuskan pada kebutuhan spesifik mereka. Alasan mengapa storyboard berguna selama rekayasa perangkat lunak adalah membantu pengguna memahami persis bagaimana perangkat lunak akan bekerja, jauh lebih baik daripada deskripsi abstrak. Hal ini juga lebih murah untuk melakukan perubahan pada storyboard dari sepotong diimplementasikan perangkat lunak.

Manfaat [sunting]
Salah satu keuntungan menggunakan storyboard adalah bahwa hal itu memungkinkan (dalam film dan bisnis) pengguna untuk bereksperimen dengan perubahan dalam alur cerita untuk membangkitkan reaksi kuat atau kepentingan. Kilas balik, misalnya, sering hasil pemilahan storyboard keluar dari urutan kronologis untuk membantu membangun ketegangan dan bunga.

Proses berpikir visual dan perencanaan memungkinkan sekelompok orang untuk melakukan brainstorming bersama-sama, menempatkan ide-ide mereka pada storyboard dan kemudian mengatur storyboard di dinding. Hal ini mendorong lebih banyak ide dan menghasilkan konsensus di dalam kelompok.

Penciptaan [sunting]

Template storyboard.
Storyboard untuk film yang dibuat dalam proses multiple step. Mereka dapat dibuat dengan gambar tangan atau digital pada komputer. Karakteristik utama dari storyboard adalah:

Visualisasikan cerita tersebut.
Fokus cerita dan waktu dalam beberapa frame kunci (sangat penting dalam animasi).
Menentukan parameter teknis: deskripsi gerakan, kamera, pencahayaan, dll
Jika menggambar dengan tangan, langkah pertama adalah untuk membuat atau mendownload template storyboard. Ini terlihat banyak seperti komik strip kosong, dengan ruang untuk komentar dan dialog. Kemudian sketsa "thumbnail" storyboard. Beberapa direksi thumbnail sketsa langsung di margin naskah. Storyboard ini mendapatkan nama mereka karena mereka sketsa kasar tidak lebih besar dari thumbnail. Untuk beberapa film, storyboard thumbnail yang cukup.

Namun, beberapa pembuat film sangat bergantung pada proses storyboard. Jika seorang direktur atau produser keinginan, gambar storyboard yang lebih rinci dan rumit diciptakan. Ini dapat dibuat oleh seniman profesional storyboard dengan tangan di atas kertas atau digital dengan menggunakan program storyboard 2D. Beberapa aplikasi perangkat lunak bahkan pasokan yang stabil dari gambar-storyboard khusus sehingga memungkinkan untuk segera membuat gambar yang mengungkapkan maksud direktur untuk cerita. Papan ini cenderung berisi informasi yang lebih rinci dari storyboard thumbnail dan menyampaikan lebih dari mood untuk adegan. Ini kemudian disampaikan kepada sinematografer proyek yang mencapai visi direktur.

Akhirnya, jika diperlukan, storyboard 3D diciptakan (disebut 'previsualization teknis'). Keuntungan dari storyboard 3D adalah mereka menunjukkan apa yang kamera film akan melihat menggunakan lensa kamera film yang akan digunakan. Kerugian dari 3D adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membangun dan membangun tembakan. Storyboard 3D dapat dibangun dengan menggunakan program animasi 3D atau boneka digital dalam program 3D. Beberapa program memiliki koleksi resolusi rendah angka 3D yang dapat membantu dalam proses. Beberapa aplikasi 3D memungkinkan cinematographers untuk menciptakan "teknis" storyboard yang tembakan optik-benar dan frame.

Sementara storyboard teknis dapat membantu, storyboard optik-benar dapat membatasi kreativitas direktur. Dalam gambar gerak klasik seperti Orson Welles 'Citizen Kane dan Alfred Hitchcock North by Northwest, direktur menciptakan storyboard yang awalnya dianggap oleh sinematografer sebagai tidak mungkin untuk Film. [7] tembakan yang inovatif dan dramatis seperti memiliki "mungkin" depth of field dan sudut di mana "tidak ada ruang untuk kamera" - setidaknya tidak sampai solusi kreatif yang ditemukan untuk mencapai tembakan terobosan bahwa direktur telah dibayangkan.

Sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Storyboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar